Type to search

Hobi Tanaman

Tanaman Hias Bunga Anggrek

Share

Pengertian Bunga Anggrek

Suku anggrek-anggrekan atau Orchidaceae dalam bahasa latin merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropis hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah lain. Kebanyakan bunga anggrek hidup epifit atau menumpang ditumbuhan lain, terutama yang berasal dari daerah tropis, lengkapnya cek wikipedia anggrek.

Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organnya yang cenderung tebal dan “berdaging” (sukulen) membuatnya tahan menghadapi tekanan kurang ketersediaan air sedangkan anggrek epifit dapat hidup dari embun dan udara lembab.

Macam Macam Bunga Anggrek dan Gambarnya

Klasifikasi anggrek yang lebih rendah terbagi menjadi 2 yaitu monopodial dan simpodial, berikut penjelasannya;

Monopodial

Anggrek ini hanya memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja. Bunganya tumbuh dari ujung batang. Anggrek ini dapat diperbanyak dengan stek batang dan biji.

Contohnya:

Vanda sp

Anggrek vanda sp sangat cantik dan berwarna cerah biasanya dipakai sebagai bunga potong. Anggrek ini termasuk anggrek yang bernilai ekonomis cukup tinggi, sangat cocok untuk memperindah taman anda.

Anggrek Vanda SP

Anggrek Vanda SP Image By : mindenpictures.com

Phalaenopsis sp (Bunga Anggrek Bulan)

Phalaenopsis, ialah anggrek yang sangat populer setelah Dendrobium.

Anggrek Bulan

Anggrek Bulan Image By : beritadaerah.co.id

Aerides Odorata (Anggrek Asem)

Jenis anggrek asem ini sekarang sudah masuk kategori langka dan hampir punah keberadaannya. Seperti yang dilansir oleh Hendra Wardhana Kompas

Aerides odorata adalah salah satu spesies Anggrek Indonesia. Dahulu anggrek ini banyak dikenal sebagai anggrek asem karena banyak tumbuh di pohon asem dan mangga hutan. Aerides odorata ternyata menjadi salah satu jenis tumbuhan yang berada dalam kriteria Endangered (EN). Statusnya bergerak menuju kritis dan terancam punah jika upaya untuk mencegah laju kehilangannya tak segera dilakukan.

Anggrek Aerides Odorata atau Anggrek Asem

Anggrek Aerides Odorata atau Anggrek Asem Image By : shopee.co.id

Rhynchostylis Gigantea

Masih berkerabat dengan vanda sp, Rhy Gigantea ini dapat ditemukan berwarna ungu, putih, merah, dan kuning. Sangat harum dan asli berasal dari kawasan Asia.

Anggrek Rhy Gigantea

Anggrek Rhy Gigantea Image By : shopee.co.id

Rhynchostylis Retusa

Spesies ini dikenal dengan anggrek buntut rubah atau foxtail orchid, karena bentuknya pastinya. Anggrek berwarna pink dan putih ini menjadi bunga nasional India dan Srilanka, Sekarang statusnya terancam punah.

Foxtail Orchid

Foxtail Orchid Image By : shopify.com

Angraecum

Species anggrek monopodial ini banyak sekali jenis varietasnya. Cirikhas nya ialah bunga yang sangat wangi dan juga perawatnnya juga tidak merepotkan atau terbilang mudah. Berikut jenis-jenis varitasnya.

Angraecum Veitchii

Anggrek Angraecum Veitchii

Anggrek Angraecum Veitchii Image By : bigcommerce.com

Angraecum Eburneum

Angraecum eburneum

Angraecum eburneum Image By : bp.blogspot.com

Penjelasan lengkap anggrek ini bisa anda temukan di adeorchid.

Aerangis

Anggrek Aerangis

Anggrek Aerangis Image By : bluenanta.com

Simpodial

Anggek ini memiliki lebih dari satu titik tumbuh. Tunas baru muncul dari sekitar batang utama. Bunga bisa muncul di pucuk atau sisi batang, tetapi ada juga yang muncul dari akar tinggal. Batangnya menyimpan air cadangan makanan atau umbi semu. Anggrek ini dapat diperbanyak dengan cara split, pemisahan biji.

Contoh:

Dendrobium sp

Dendrobium, tanaman hias paling populer dari antara jenis-jenis anggrek.

Anggrek Dendrobium sp

Anggrek Dendrobium sp Image By : ria555.files.wordpress.com

Cattleya sp

Cattleya, bunganya besar dan spektakuler, namun sulit dipelihara.

Anggrek Catteleya

Anggrek Catteleya Image By : static-src.com

Grammatophylum

Grammatophylum, anggotanya termasuk Grammatophyllum scriptum yang dikenal juga dengan nama lokal anggrek Papua raksasa.

Grammatophyllum scriptum

Grammatophyllum scriptum Image By : nocookie.net

Oncidium

Oncidium, termasuk di dalamnya anggrek “golden shower”

golden shower

golden shower Image By : tokopedia.net

Spathyphyllum (Anggrek Tanah)

Salah satu keluarga anggrek yang hidupnya ditanah ialah spathyphyllum.

Anggrek Tanah

Anggrek Tanah Image By : rajabeli.com

Harga Bunga Anggrek

Harga bunga anggrek dipasaran saat ini untuk bibitnya berkisar dari 10K-900K, tergantung dari jenis, qualitas dan kelangkaannya. Anda bisa mengecek di toko online seperti buka lapak, fjb kaskus,bibit bunga, dll. Baiknya anda membandingkan harganya dengan mengunjungi florist terdekat karena disana anda dapat mengecek bentuk fisik tanaman hias sebelum membelinya.

Jenis Anggrek Termahal

Anggrek termahal yang masih masuk kedalam budget kocek anda saat ini mungkin dari jenis vanda sp yang khusus berasal dari Thailand yang benihnya berkisar diatas 500K.

Anggrek Vanda SP

Anggrek Vanda SP Image By : mindenpictures.com

Bunga Anggrek Langka

Anggrek Shenzhen Nongke

Anggrek Shenzhen Nongke

Anggrek Shenzhen Nongke Image By : tandaseru.id

Bunga anggrek langka Shenzhen Nongke hanya mekar setiap 4-5 tahun sekali dan namanya diambil dari nama Universitas di China yang membudidayakannya. Setelah 8 tahun merawat anggrek langka ini terjual dengan harga fantastis, 3 Milyar rupiah menjadikannya bunga termahal yang pernah terjual.

Anggrek Golden of Kinabalu

Anggrek Golden of Kinabalu

Anggrek Golden of Kinabalu Image By : motherandbaby.co.id

Tanaman anggrek langka yang terancam punah ini hanya bisa ditemukan di area Taman Nasional Kinabalu di Malaysia. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk berbunga ialah selama 15 tahun lamanya. Pantas saja harga tanaman ini melambung mencapai 70 Juta Rupiah.

Japan Grand Prix International Orchid Festival 2018

Berikut festival anggrek internasional yang diselenggarakan setiap pertengahan Februari tiap tahunnya di Jepang.

 

Cara Menanam Bunga Anggrek

Ada beberapa metoda menanam anggrek yang baik dengan media yang berbeda-beda pula, meskipun bisa ditanam diatas tanah tetapi media tanam yang akan saya bahas berikut ini menjadi media tanam terbaik untuk tanaman epifit agar tumbuh sempurna, saya akan mencoba menjelaskannya disini.

Cara Menanam Anggrek dengan Media Sabut Kelapa

Akar bunga anggrek sangat membutuhkan udara oleh karena itu sabut kelapa sangat cocok untuk menjadi media tanamnya.

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa Image By : bibitbunga.com

Caranya :

  • Bilas sabut kelapa yang akan dipakai untuk media tanam dengan air sehari sebelum digunakan. Sabut kelapa mungkin saja mengandung kandungan garam yang akan menyakiti akar tanaman.
  • Sediakan kawat untuk mengikat tanaman dengan sabut kelapa.
  • Cabut serat sabut kelapa menjadi ukuran kecil yang halus dan tumpuk dengan benih anggrek anda.
  • Ikat benih anggrek dan serat sabut kelapa menggunakan kawat lalu tutupi dengan cangkang sabut kelapa yang masih utuh dan sudah disambung dengan kawat.
  • Ikat bagian luarnya dan ikat diatas pohon atau letakan pada gantungan sesuai keinginan anda.

Untuk alternatif anda bisa menggunakan media tanam ijuk untuk menanam anggrek.

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Arang

Menanam anggrek dengan metoda ini biasanya menggunakan pot, media tanam arang dicampur dengan moss, sabut kelapa yang sudah dipotong kecil, atau menggunakan perlite. Kuncinya ialah pilihlah jenis pot yang sistem drainase atau keringnya cepat.

Cara Menanam Anggrek di Tanah

Untuk menanam anggrek di tanah harus spesies tertentu seperti anggrek tanah atau spathyphyllum, karena kalau menanam anggrek jenis lain tingkat bertahan hidupnya akan rendah, secara akarnya tidak akan kuat apabila tanah terlalu basah juga akarnya tidak akan bisa hidup apabila kekurangan udara.

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

Agar cepat berbunga anda harus mengikuti dan memperhatikan tips-tips dibawah ini.

Cahaya Matahari Untuk Tanaman Anggrek

Intensitas matahari yang berbeda dibutuhkan masing-masing jenis anggrek. Selama pertumbuhannya tanaman anggrek memerlukan naungan. Seperti habitat aslinya, dimana tanaman anggrek tumbuh didalam hutan, menempel didahan pohon yang rindang. Phalaenopsis, jenis anggrek yang membutuhkan intensitas matahari paling rendah, 20%. Jenis lainnya pada kisaran 40% – 60%. Untuk naungan, yang mudah menggunakan paranet. Ketebalan paranet disesuaikan dengan kebutuhan intensitas sinar matahari jenis anggrek yang titanam. Agar daun-daun tidak menguning seperti terbakar, sebaiknya hindari masuknya sinar matahari secara langsung dan berlebihan.

Penyiraman Untuk Bunga Anggrek

Media tanam sangat mempengaruhi penyiraman pada bunga anggrek. Selain itu besar kecilnya tanaman, temperatur lingkungan, kelembaban, aliran udara dan jenis pot yang digunakan juga perlu Anda perhatikan. Penyiraman yang baik langsung disemprotkan pada bagian akar, supaya langsung terserap. Agar tidak merusak media tanam, bunga dan daun anggrek, gunakanlah sprayer saat menyiram hingga butiran air yang keluar dapat diatur.

Jangan menyiram anggrek terlalu banyak. Air yang menggenang dalam pot bisa membuat akar membusuk dan tanaman mati. Frekuensi penyiraman tergantung pada jenis anggrek. Anggrek yang mempunyai pseudobulb (anggrek simpodial) lebih tahan kering, misalnya : oncidium, dendrobium, cattleya. Penyiraman pada jenis anggrek ini cukup 1 – 2 kali sehari. Anggrek monopodial harus disiram lebih sering, 2 – 3 kali sehari, misal : phalaenopsis dan vanda. Waktu yang baik untuk melakukan penyiraman adalah pada pagi hari jam 07.00 – 09.00 dan sore hari jam 15.00 – 17.00.

Pemupukan

Fase pertumbuhan tanaman anggrek menjadi dasar dalam pemupukan. Fase vegetatif dan fase generatif adalah 2 jenis fase pertumbuhan anggrek. Fase vegetatif adalah periode pertumbuhan tanaman anggrek dari penyemaian sampai anggrek muda. Fase generatif adalah saat anggrek mulai dewasa dan telah siap berbunga.

Pupuk Untuk Anggrek

Pupuk yang kaya akan unsur Nitrogen, yaitu bahan utama penyusun protein yang sangat dibutuhkan tanaman dalam proses pembelahan sel, dibutuhkan pada fase vegetatif. Ini menjadikan pertumbuhan tanaman lebih cepat. Pada fase generatif bisa diberikan pupuk dengan unsur hara P yang lebih tinggi. Yang berfungsi untuk merangsang proses pembentukan bunga. Vitamin dan hormon pertumbuhan juga bisa Anda tambahkan. Waktu yang tepat melakukan pemupukan adalah saat dimana mulut daun sedang terbuka, yaitu jam 08.00 – 10.00 dan atau jam 15.00 – 17.00. Sehingga proses penyerapan makanan berlangsung lebih cepat.

Pemupukan yang baik adalah lewat daun, karena daun mempunyai daya serap yang lebih besar daripada akar. Jangan memberikan pupuk dengan cara menaburkan langsung ke dalam pot. Pupuk yang diserap akar hanya pupuk yang terbawa oleh air. Sementara sisanya akan mengendap dalam pot dan bisa menjadi tempat yang potensial untuk perkembangnya penyakit.

Penggantian Pot

Penggantian pot adalah proses dimana tanaman anggrek ditanam ulang dengan pot yang lebih besar dengan media tanam baru. Penggantian pot diperlukan karena khawatir pot lama tidak cukup menampung saat tanaman siap berbunga seiring pertumbuhan tanaman anggrek yang semakin membesar. Kapan harus melakukan penggantian pot tidak ada waktu yang pasti. Kejelian pengamatan sehari-hari sangat diperlukan. Anda bisa melihat tanda-tanda berikut pada tanaman Anggrek untuk menentukan saat tepat pot diganti:

– Pot sudah padat oleh tunas baru
– Pot sudah tidak cukup menampung perakarannya
– Media tanam banyak ditumbuhi lumut
– Media tanam sudah hancur dan lapuk.

Lokasi, Suhu, dan Kelembaban

Bunga anggrek akan tumbuh baik di dataran tinggi, bukan berarti di dataran rendah tidak bisa hidup akan tetapi harus memenuhi ketentuan yang tepat. Suhu udara berkisar 15ºC-35ºC (suhu optimum 21ºC) dengan sirkulasi udara yang baik. Kelembaban udara berkisar antara 65%-70%.

9 Manfaat Bunga Anggrek

Seperti yang dilansir oleh manfaat.co.id dan bibitbunga.com ada 11 manfaat yang saya akan sharing disini.

  • Sebagai penghilang stress
  • Membantu mengobati gangguan saraf dan fungsi otak
  • Membantu mengobati sakit gigi dan telinga
  • Menyembuhkan demam dan nyeri sendi
  • Sebagai bahan makanan
  • Penyaring udara
  • Mencegah terjadinya penuaan dini
  • Pewangi alami ruangan
  • Hiasan untuk memperindah rumah

Belajar Merangkai Bunga

Dalam hobi tanaman, keahlian merangkai bunga bisa menjadi kesempatan bisnis yang sangat menguntungkan, anda bisa cek sendiri harga-harga rangkaian bunga yang fantastis. Untuk merangkai bunga anggrek sendiri tidak beda jauh dengan merangkai bunga lainnya, hal yang harus dipersiapkan ialah alat dasar seperti gunting, media tanam seperti floral foam, dan flower preserve atau pengawet tanaman seperti gel silica. Lengkapnya lihat infographic dalam bahasa inggris dibawah ini.


Source: Fix.com Blog

Apabila post tentang bunga anggrek ini berguna jangan sungkan dishare untuk teman atau kerabat anda yang mungkin membutuhkan sekaligus sebagai dukungan dan apresiasi terhadap blog ini, dengan cara mengklik tombol dibawah ini. Selanjutnya pembahasan tanaman hias yang lain ialah bunga bakung atau lily.

Tags:

You Might also Like